Pesan

Semua Arsip Blog Adalah Untuk Umum Konten di dalam Blog dapat di jiplak dengan Izin Administrasi, Ucapkan Terima Kasih Bila konten Kami Membantu anda.

Kritik & Saran di Kolom Komentar

Apabila anda ingin memberikan info penting silahkan mengirimkan info tersebut ke Google+ kami.

Kamis, 25 September 2014

Neurotransmitter

1. Asetilkolin
Asetilkolin banyak ditemukan di otak dan merupakan satu-satunya neurotransmitter yang ditemukan di sinapsis dan di otot.

2. Dopamine
Neurotransmitter ini dikeluarkan oleh barian neuron yang mengalami kerusakan. Dopamin akan banyak ditemukan pada sinapsis penderita penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson seperti yang diderita oleh petinju legendaris Mohammad Ali, adalah jenis penyakit dengan ciri-ciri susah mengendalikan pergerakan dan goncangan pada tangan (tremor)

3. Serotonin
Serotonin merupakan jenis neurotransmitter yang ada di otak dan sumsum tulang belakang. Serotonin bertugaas dalam penghambatan impuls rasa sakit. Selain itu, serotonin juga diduga mempengaruhi tidur dan perasaan kita (mood) seperti ketenangan dan pengharapan. Kekurangannya menyebabkan depresi.

4. Norepinefrin
Banyak dikeluarkan pada sinapsis yang berhubungan dengan alat kerja organ dalam seperti jantung, hati, paru-paru, serta alat-alat pencernaan. Struktur kimianya mirip dengan hormon adrenalin yang bekerja pada saat kondisi tubuh tertekan (stres). Kelebihan neurotransmitter ini menyebabkan perasaan gugup dan terjadi peningkatan denyut jantung.

5. Neuropeptida
Contoh neuropeptida adalah opioid yang banyak berpengaruh dalam pengaturan kondisi tubuh, seperti asa lapar, temperatur tubuh, rasa marah dan perasaan-perasaan lain yang ditimbulkan secara emosional.

6. GABA dan Glutamat
Mempengaruhi ketenangan, mood, pembelajaran dan memori.

7. Endorphin
Neurotransmitter ini dilepaskan ketika stress dan saat nyeri. Bertanggung jawab atas perasaan senang dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar