Pesan

Semua Arsip Blog Adalah Untuk Umum Konten di dalam Blog dapat di jiplak dengan Izin Administrasi, Ucapkan Terima Kasih Bila konten Kami Membantu anda.

Kritik & Saran di Kolom Komentar

Apabila anda ingin memberikan info penting silahkan mengirimkan info tersebut ke Google+ kami.

Rabu, 28 Januari 2015

Dampak Positif dan Dampak Negatif Penggunaan Ponsel

Dampak positif penggunaan ponsel adalah sebagai berikut:

  1. Ponsel dapat digunakan sebagai media komunikasi. Ponsel dapat digunakan untuk menghubungi keluarga, kerabat, atau teman yang berjarak jauh dari kita. Dengan begitu, kita tidak perlu bersusah-payah mengirim surat yang akan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tujuannya.
  2. Ponsel dapat digunakan sebagai media informasi. Dengan adanya internet, ponsel akan bisa mengakses berbagai hal, yang dapat memberikan kita informasi penting atau berharga. Informasi tersebut juga dapat meningkatkan pengetahuan kita.
  3. Ponsel dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sekarang, tugas-tugas yang diberikan pada siswa sangatlah banyak, khususnya di jenjang SMP dan SMA. Ponsel dapat membantu siswa mengerjakan tugas-tugas tersebut dengan bantuan internet yang sudah tersedia di ponsel. Jadi, siswa dengan mudah dapat belajar melalui internet dengan ponsel.
  4. Ponsel dapat digunakan sebagai media hiburan. Di ponsel, terdapat berbagai aplikasi yang bersifat menghibur. Saat kita sedang bosan, kita dapat memainkan aplikasi tersebut.
  5. Dampak demografis. Ponsel memiliki pengaruh yang berbeda pada demografis yang berbeda. Masyarakat lanjut usia, yang mempunyai masalah mobilitas, dapat mengurangi rasa terisolai dengan adanya ponsel.
  6. Dunia kerja dan bisnis. Ponsel juga dapat digunakan untuk menjalin/melakukan hubungan kerja dan bisnis. Ponsel dapat digunakan sebagai media hubung antar klien. Selain itu, kita juga dapat melakukan proses jual-beli melalui internet yang tersedia di ponsel.
  7. Ponsel dapat menambah teman di dunia maya. Social media, adalah hal yang paling melekat dalam ponsel. Dengan social media-lah kita dapat bersosialisasi dengan banyak orang dari seluruh penjuru bumi.
  8. Ponsel membuat kita menjadi tidak gaptek. Gagap teknologi (gaptek) adalah hal, di mana seseorang tidak begitu mengenal teknologi. Dengan adanya ponsel, setidaknya kita dapat tahu sedikit tentang teknologi. Misalnya cara mengakses internet, atau men-download sesuatu.
  9. Ponsel dapat melatih kemampuan berbahasa asing. Kebanyakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di ponsel, memiliki bahasa Inggris/bahasa asing lainnya. Aplikasi yang dimaksud adalah seperti, game, social media, dan lain-lain.
  10. Pada aspek keagamaan. Banyak ponsel sekarang telah memiliki aplikasi, yaitu aplikasi kitab suci, seperti Al-Quran, Alkitab dan lain-lain. Dengan adanya aplikasi ini, akan lebih mudah membawanya kemana-mana.
  11. Pada aspek sosial. Tidak semua orang memiliki ponsel, dan tidak semua orang yang memiliki ponsel, ponselnya merupakan ponsel mewah/canggih/mahal. Dengan adanya ponsel, kita lebih diakui oleh masyarakat. Apalagi bagi orang yang mempunyai ponsel yang mahal, maka statusnya dianggap lebih tinggi daripada orang lain.
  12. Ponsel dapat mencegah penipuan. Sekarang, sudah banyak terjadi penipuan, di mana sang Penipu menelepon korban bahwa salah satu keluarga korban telah mengalami kecelakaan dan minta dikirimkan uang ke rekening tertentu. Jika keluarga korban tersebut mempunyai ponsel, maka dengan mudah sang Korban meneleponnya dan memastikan keselamatannya.
  13. Ponsel sebagai pelengkap kehidupan manusia. Manfaat ponsel dalam kehidupan manusia sangatlah banyak. Selain manfaat-manfaat diatas, salah satu fungsi ponsel yang satu lagi adalah  sebagai pelengkap kehidupan manusia. Karena telepon mempunyai aplikasi lain seperti kamera, jam, kalender, alarm dan lain-lain.


Dampak negatif penggunaan ponsel adalah sebagai berikut:
  1. Ponsel dapat merubah kepribadian seseorang. Hal ini dapat disebabkan karena seseorang terlalu sering memainkan ponselnya, sehingga ia melupakan bahwa ada hal lain yang harus dia kerjakan. Seseorang juga bisa menjadi sombong karena ponsel yang dimilikinya, lebih bagus/mahal.
  2. Ponsel dapat mempengaruhi kesehatan. Jika kita terlalu lama memainkan ponsel, maka kesehatan  mata kita akan terganggu. Selain itu, ponsel juga memancarkan radiasi, yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Jika radiasi menumpuk, maka akan terbentuk kanker.
  3. Ponsel dapat digunakan sebagai medai bullying. Sudah banyak terjadi kasus pem-bully-an, khususnya pada kalangan remaja, dan sebagian besar dikirimkan melalui ponsel. Dengan ponsel, sam Pem-bully dapat mengirimkan berbagai pesan yang bersifat menghina yang membuat korban depresi. Bahkan ada korban yang sampai bunuh diri.
  4. Anak-anak di bawah umur dapat membuka situs pornografi. Kasus ini sudah tidak jarang lagi terjadi. Melalui internet, anak-anak dapat mengakses apa saja, bahkan situs yang tidak layak untuk umur mereka.
  5. Ponsel membuat orang menjadi malas. Orang yang terlalu mementingkan ponsel, pasti akan menjadi malas dalam banyak hal, khususnya untuk remaja. Malas belajar, membuat tugas, membantu orang tua, bahkan malas untuk beribadah.
  6. Ponsel sebagai media kejahatan. Ponsel sering digunakan sebagai perantara kejahatan. Misalnya, ponsel menghubungkan transaksi antara pengedar narkoba dengan pemakai.
  7. Penipuan. Sudah tidak jarang lagi, jika terjadi penipuan melalui ponsel. Penipuan dalam hal yang bermacam-macam, seperti penipuan dalam hal bisnis.
  8. Kecanduan bermain ponsel. ini biasanya terjadi di kalangan remaja, karena remaja sangat sering menggunakan ponsel daripada orang dewasa.
  9. Dampak kultural. Banyak orang berlomba-lomba untuk membeli ponsel yang sangat mahal harganya, sehingga mereka merasa bahwa derajat mereka lebih tinggi daripada orang lain.

1 komentar: