Pesan

Semua Arsip Blog Adalah Untuk Umum Konten di dalam Blog dapat di jiplak dengan Izin Administrasi, Ucapkan Terima Kasih Bila konten Kami Membantu anda.

Kritik & Saran di Kolom Komentar

Apabila anda ingin memberikan info penting silahkan mengirimkan info tersebut ke Google+ kami.

Selasa, 21 Oktober 2014

Udara Pernapasan

Oksigen yang masuk dan keluar melalui alat-alat pernapasan disebut udara pernapasan. Udara pernapasan pada manusia dibedakan menjadi empat macam, yaitu:

  1. Udara Pernapasan Biasa (Volume Tidal/VT)
    Merupakan udara yang masuk dan keluar paru-paru pada saat pernapasan biasa. Volume Udara yang masuk dan keluar sebanyak 500 ml.
  2. Udara Cadangan Inspirasi (Udara Komplementer/UK)
    Merupakan udara yang masih dapat dimasukkan ke dalam paru-paru secara maksimal, setelah melakukan inspirasi normal. Besarnya udara komplementer adalah 1500-3000 ml.
  3. Udara Cadangan Ekspirasi (Udara Suplementer/UC)
    Merupakan udara yang masih dapat dikeluarkan dari paru-paru secara maksimal setelah melakukan ekspirasi biasa. Besarnya udara suplementer adalah 1100-1500 ml.
  4. Udara Residu (UR)
    Merupakan udara yang tersisa dalam paru-paru, yang berfungsi untuk menjaga agar paru-paru tetap dalam keadaan mengembang. Besarnya udara residu adalah 1000-1200 ml.

Paru-paru juga memiliki kemampuan mengeluarkan udara secara maksimal setelah melakukan inspirasi secara maksimal. Ini disebut Kapasitas Paru-paru. Untuk mengukurnya dapat digunakan spirometer. Kapasitas paru-paru dapat dihitung menggunakan rumus.:
  • Kapasitas Vital = V. cad insp + V. Tidal + V. Cad. Eks
    Kapasitas vital merupakan kapasitas udara maksimum yang dihirup ke dalam/dihembuskan ke luar paru-paru. Kapasitas vital paru-paru kurang lebih 4750 ml
  • Kapasitas Paru-paru total = Kapasitas Vital + V. Residu
    mMerupakan kapasitas udara maksimum yang dapat ditampung oleh paru-paru. Kapasitas total paru-paru kurang lebih 5800 ml.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar